Administrasi Perkantoran
|
Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran merupakan pengembangan
dari jurusan sekretaris yang sudah ada sejak SMK Negeri 5 Kab.Tangerang berdiri.
VISI DAN MISI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMKN 5 Kab.Tangerang
VISI Menjadi bagian dari Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Kejuruan yang Bertaraf Internasional serta berlandaskan Iman dan Taqwa. MISI
1.
Meningkatkan dan mengembangkan sumber
daya manusia serta membentuk pribadi yang unggul.
2.
Meningkatkan mutu layanan dan
mengimplementasikan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008.
3.
Menyelenggarakan pendidikan dan
pelatihan yang inovatif serta kompetitif di bidang Administrasi Perkantoran.
4.
Mengembangkan sarana prasarana serta
mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan.
5.
Meningkatkan kerjasama dengan
institusi pasangan/instansi terkait dalam rangka mengembangkan iklim
pembelajaran berbasis produksi.
Tujuan umum
Tujuan umum Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran adalah
mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang Administrasi
Perkantoran.
Tujuan khusus
Tujuan khusus Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran adalah
membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar
kompeten:
1.
Menerapkan dan mengembangkan kemampuan
berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan
norma dan lingkungan masyarakat,
2.
Menerapkan dan mengembangkan kemampuan
teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien,
3.
Menerapkan dan mengembangkan kemampuan
untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi tugas yang
menjadi tanggung jawabnya,
4.
Menerapkan dan mengembangkan kemampuan
dalam mengelola surat/ dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk
mendukung tugas pokok lembaga,
5.
Menerapkan dan mengembangkan kemampuan
mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat
dilaporkan dan dipertanggung jawabkan,
6.
Menerapkan dan mengembangkan pelayanan
terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat untuk semua pihak.
Kompetensi kejuruan yang harus dikuasai siswa Administrasi Perkantoran
adalah:
1.
Mengoperasikan aplikasi perangkat
lunak.
2.
Mengoperasikan aplikasi presentasi.
3.
Mengelola peralatan kantor.
4.
Melakukan prosedur administrasi
5.
Menangani penggadaan dokumen
6.
Menangani surat/dokumen kantor
7.
Mengelola system kearsipan.
8.
Membuat dokumen.
9.
Memproses perjalanan bisnis.
10.
Mengelola perteman/rapat.
11.
Mengelola dana kas kecil.
12.
Memberikan pelayanan kepada pelanggan.
13.
Mengelola data/informasi di tempat
kerja.
14.
Mengaplikasikan Administrasi
Perkantoran di tempat kerja.
TUJUAN KOMPETENSI KEAHLIAN
1.
Melaksanakan kurikulum tingkat satuan
pendidikan (KTSP) Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran.
2.
Mengembangkan sistem diklat dengan
meningkatkan kemampuan peserta didik.
3.
Menambah sarana dan prasarana dari
aset yang dimiliki untuk mendukung pembelajaran berbasis produksi
(Production-Based Training ).
4.
Meningkatkan kualitas pembelajaran
yang mengutamakan layanan prima.
5.
Mencapai dan meningkatkan prosentase
minimal 70% tamatan terserap di dunia usaha / dunia industri pada tahun
kelulusan.
6.
Peserta didik Kompetensi Keahlian Administrasi
Perkantoran SMK Negeri 5 Kab.Tangerang mampu mewakili Jawa Tengah dalam LKS
tingkat Nasional.
Program Administrasi Perkantoran merupakan suatu Kompetensi Keahlian
pada Program Studi Keahlian Bisnis Manajemen yang memiliki Standar Kompetensi
dan Kompetensi Dasar sebagai berikut :
1. Dasar Kompetensi
kejuruan Administrasi Perkantoran
·
Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan Administrasi
Perkantoran
·
Mengaplikasikan keterampilan dasar
komunikasi
·
Menerapkan prinsip-prinsip kerjasama
dengan kolega dan pelanggan
·
Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja
dan Lingkungan Hidup (K3LH)
2. Kompetensi Kejuruan Administrasi PerkantoranMengoperasikan aplikasi perangkat lunak Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja
·
Mengoperasikan aplikasi Presentasi
·
Mengelola peralatan kantor
·
Melakukan prosedur administrasi
·
Menangani penggandaan dokumen
·
Menangani surat/dokumen kantor
·
Mengelola sistem kearsipan
·
Membuat dokumen
·
Memproses perjalanan bisnis
·
Mengelola pertemuan/rapat
·
Mengelola dana kas kecil
·
Memberikan pelayanan kepada pelanggan
·
Mengelola data/informasi di tempat kerja
·
Mengaplikasikan administrai perkantoran
di tempat kerja
Program Administrasi Perkantoran bertujuan supaya peserta didik
memiliki kecakapan sebagai :
|
0 comments:
Posting Komentar