Selasa, 14 Mei 2013

Administrasi Perkantoran

Administrasi Perkantoran




Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran merupakan pengembangan dari jurusan sekretaris yang sudah ada sejak SMK Negeri 5 Kab.Tangerang berdiri. 
VISI DAN MISI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMKN 5 Kab.Tangerang


VISI


Menjadi bagian dari Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Kejuruan yang Bertaraf Internasional serta berlandaskan Iman dan Taqwa.

MISI
1.     Meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia serta membentuk pribadi yang unggul.
2.     Meningkatkan mutu layanan dan mengimplementasikan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008.
3.     Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang inovatif serta kompetitif di bidang Administrasi Perkantoran.
4.     Mengembangkan sarana prasarana serta mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan.
5.     Meningkatkan kerjasama dengan institusi pasangan/instansi terkait dalam rangka mengembangkan iklim pembelajaran berbasis produksi.
Tujuan umum 
Tujuan umum Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran adalah mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang Administrasi Perkantoran. 
Tujuan khusus 
Tujuan khusus Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten:
1.     Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat,
2.     Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien,
3.     Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggung jawabnya,
4.     Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/ dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga,
5.     Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggung jawabkan,
6.     Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat untuk semua pihak.
Kompetensi kejuruan yang harus dikuasai siswa Administrasi Perkantoran adalah: 
1.     Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak.
2.     Mengoperasikan aplikasi presentasi.
3.     Mengelola peralatan  kantor.
4.     Melakukan prosedur administrasi
5.     Menangani penggadaan dokumen
6.     Menangani surat/dokumen kantor
7.     Mengelola system kearsipan.
8.     Membuat dokumen.
9.     Memproses perjalanan bisnis.
10.   Mengelola perteman/rapat.
11.   Mengelola dana kas kecil.
12.   Memberikan pelayanan kepada pelanggan.
13.   Mengelola data/informasi di tempat kerja.
14.   Mengaplikasikan Administrasi Perkantoran di tempat kerja.
TUJUAN KOMPETENSI KEAHLIAN
1.     Melaksanakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran.
2.     Mengembangkan sistem diklat dengan meningkatkan kemampuan peserta didik.
3.     Menambah sarana dan prasarana dari aset yang dimiliki untuk mendukung pembelajaran berbasis produksi (Production-Based Training ).
4.     Meningkatkan kualitas pembelajaran yang mengutamakan layanan prima.
5.     Mencapai dan meningkatkan prosentase minimal 70% tamatan terserap di dunia usaha / dunia industri pada tahun kelulusan.
6.     Peserta didik Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 5 Kab.Tangerang mampu mewakili Jawa Tengah dalam LKS tingkat Nasional.
Program Administrasi Perkantoran merupakan suatu Kompetensi Keahlian pada Program Studi Keahlian Bisnis Manajemen yang memiliki Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar sebagai berikut :
1.     Dasar Kompetensi kejuruan Administrasi Perkantoran
·         Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan Administrasi Perkantoran     
·         Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi     
·         Menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan
·         Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)    
           
         2. Kompetensi Kejuruan Administrasi PerkantoranMengoperasikan aplikasi perangkat lunak Mengikuti
             prosedur keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja
·         Mengoperasikan aplikasi Presentasi
·         Mengelola peralatan kantor
·         Melakukan prosedur administrasi
·         Menangani penggandaan dokumen
·         Menangani surat/dokumen kantor
·         Mengelola sistem kearsipan
·         Membuat dokumen
·         Memproses perjalanan bisnis
·         Mengelola pertemuan/rapat
·         Mengelola dana kas kecil
·         Memberikan pelayanan kepada pelanggan
·         Mengelola data/informasi di tempat kerja
·         Mengaplikasikan administrai perkantoran di tempat kerja
Program Administrasi Perkantoran bertujuan supaya peserta didik memiliki kecakapan sebagai :
  • Sekretaris 
  • Petugas Administrasi
  • Public Relation
  • Resepsionis
  • Petugas Kearsipan
  • Petugas Perpustakaan
  • Juru ketik
  • Bekerja di Instansi Pemerintah/swasta
  • Wirausaha Mandiri


0 comments:

Posting Komentar